Minggu, 26 Februari 2012

pelajaran moral menurut saya


Pelajaran moral dalam hidup menurut saya :
  1. Jika Anda ingin membuat orang lain terkesan sebaiknya anda juga memikirkan waktu, situasi, dan kondisi. Misalnya, anda ingin membuat orang tua anda terkesan dengan bernyanyi, nah sebaiknya anda memilih waktu, situasi dan kondisi yang tepat mungkin anda bisa memilih waktu saat ada acara tahunan di sekolah dimana semua wali murid diharap datang, situasi yang terccipta dengan adanya acara itu adalah semua orang ingin mendapat hiburan yang bagus, kan? Sedangkan kondisi yang sebaiknya ada adalah anda menyanyikan lagu yang telah anda pilih (misalnya lagu “black and white” milik michael jackson) dengan penuh penghayatan, sehingga semua orang akan ikut merasakan lagu itu. Namun jangan sampai anda menyanyikan lagu tersebut pada acara pemakaman seorang kerabat anda, bukannya terkesan pasti orang disana akan tetap mencela anda sebagus apapun suara anda. Nah, Setelah anda memilih waktu, situasi, dan kondisi yang pas tentu orang tersebut akan terkesan terhadap anda. 
  2. Anak-anak (terutama usia 0-5 tahun) adalah murid cerdas yang paling patuh terhadap gurunya. Jika anda tak percaya, coba anda ingat-ingat apakah anak anda pernah bertanya sesuatu seperti ”bisakah kita memelihara anjing ini?” atau “kenapa kita tak boleh memeliharanya?” mungkin pertanyaaan tersebut terdengar biasa namun, pertanyaan tersebut menandakan bahwa anak anda cerdas karena ia bisa berpikir kritis, bayangkan jika ia langsung menuruti perintah anda untuk tidak memelihara  hewan yang mengikutinya pulang, mungkin ia juga akan langsung menuruti perintah orang lain tanpa tahu mengapa. Dan jika kukatakan mereka patuh kepada anda sebagai murid pada gurunya itu karena mereka sebisa mungkin melaksanakan apa yang anda perintahkan. Jika anda melarang mereka untuk berbicara pada orang asing, maka sebagai murid yang cerdas ia aan bertanya “mengapa?” dan sebaiknya anda memberi fakta-fakta yang logis dan mudah dipahami agar mereka mengerti. Dan sebagai murid yang patuh terhadap gurunya maka ia akan menuruti perintah anda begitu anda menjelaskan alasannya. 
  3.   Jangan memarahi anak-anak yang telah melakukan kesalahan. Kurasa kita sebaiknya bertanya mengapa ia melakukan hal itu dan menunjukkan fakta-fakta bahwa jika ia tetap mengulangi hal tersebut ia akan mendapat kesialan abadi yang sangat tidak ia inginkanbukan berarti menakutinya, hanya fakta sebagai peringatan dan pembelajaran. Kurasa hal tersebut lebih baik daripada memukul atau membentaknya. 
  4. Anak-anak adalah kamera  yang sangat luar biasa. Itu sebabnya jangan pernah memukul atau berkata kasar pada anak anda. Dan jika anda ingin berdebat atau bertengkar dengan seseorang sebaiknya jauh dari jangkauan indra anak anda. Karena besar kemungkinan anak anda akan meniru apa yang anda lakukan. Mata dan telinga anak anda adalah kamera perekam yang sangat luar biasa, jadi apa yang mereka lihat dan meraka dengar akan langsung disimpan didalam otak dan tinggal menunggu waktu yang tepat untuk mengirimkannya pada alat gerak dan indra  bicara jadi kesimpulannya jangan izinkan anak anda melihat atau mendengar hal-hal yang buruk. 
  5. Orang yang “merasa” sudah dewasa adalah makhluk paling egois dan sok pintar. Itulah sebabnya meraka tak mau mengalah dan selalu mencari kesalahan orang lain padahal ia juga melakukan hal yang sama. Jika anda kembali pada nomor empat, saya harap anda akan berpendapat untuk menjauhkan anak-anak dari para orang yang “merasa” sudah dewasa. 
  6. Hanya orang bodoh yang memuji dirinya sendiri. Kurasa orang-orang seperti itu kurang memahami konsep “di atas langit masih ada langit”. Kuharap konsep tersebut memberi anda ilham untuk berhenti bersikap pamer. 
  7. Orang bodoh akan puas dengan apa yang ia telah dapat. Jadi jika anda adalah murid yang mendapat nilai 100, penyanyi terkenal, pengusaha dengan omset jutaan dollar, saya harap anda tidak terlalu puas dulu. Jika anda murid, sadarlah bahwa ilmu terlalu luas untuk dibanggakan secepat itu. Jika anda penyanyi terkenal, kurasa anda harus tahu bahwa manusia itu makhluk yang cepat bosan, jadi jika anda menyanyi lagu yang begitu-begitu terus, nada yang sama, gaya yang sama, tak ada niat untuk berkembang maka saya yakin gaji anda akan segitu terusmalah mungkin akan berkurang, sayaa yakin anda akan menemukan bakat yang luar biasa dalam diri anda jika anda terus berusaha untuk mengembangkannya. Dan bagi para pengusaha tentu anda tahu bahwa dalam dunia bisnis, jika suatu produk terkenal luas maka otomatis akan menjamurnya produk-produk serupa yang berusaha mencuri omset anda. Kita misalkan saya Mr. Crab dengan Restorannya. Semua tahu kalau The Krusty Krab terkenal dengan pattynya yang enak, kembali ke sifat dasar manusia yang cepat bosan dan tak pernah puas (tolong bayangkan Mr. Crab adalah manusia yang sangat pelit)jika The Krusty Krab tidak segera berkembang, hanya menyajikan patty yang itu-itu saja, kemungkinan besar para pelanggannya akan tidak puas dan cenderung bosan, tentu hal itu akan mengurangi omset yang awalnya jutaan dollar, Oh, dana kan lebih sial lagi jika Plankton dan The Chumbucket justru menemukan kreasi makanan baru yang menarik perhatian para pelanggan The Krusty Krab tadi. Poor Mr. Krab!! 
  8. Terimakasih, maaf, tolong, dan permisi adalah 4 kata ajaib dalam hidup. dan I love You adalah mantra ajaib yang mampu membuat menahan napas saat kau mendapatkannya. 
  9. Ketika anda mengatakan sesuatu pada seseorang,dan orang tersebut membalasnya dengan pandangan kaget disertai kata “apa?” atau “what”, itu bukan berarti orang tersebut tidak mendengar apa yang anda katakan, melainkan orang tersebut meminta penjelasan untuk menegaskan telinganya masih sehat.

Well, kurasa aku belum menulis semuanya, tapi kurasa cukup sampai disini dulu. Okay!! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar